Home Beasiswa LPDP Strategi Lolos Beasiswa Master Luar Negeri LPDP ala Penyanyi Cilik, Tasya Kamila

Strategi Lolos Beasiswa Master Luar Negeri LPDP ala Penyanyi Cilik, Tasya Kamila

5768

Mempunyai karir cemerlang sebagai seorang penyanyi tak menjadikan mantan penyanyi cilik Tasya kamila melupakan pendidikannya. Impiannya untuk menjadikan Indonesia lebih baik membuat ia bersemangat mengenyam pendidikan yang lebih tinggi ke Amerika serikat tepatnya di University of Colombia.

Pada vblognya ia menceritakan pengalaman tahapan dan strategi yang ia lakukan untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Sebelumnya Tasya juga menegaskan bahwa beasiswa LPDP diperuntukan bagi putra – putri Indonesia yang mempunyai rasa nasionalisme tinggi dan mempunyai tujuan untuk membangun Indonesia. Hal tersebut merupakan modal penting yang wajib dimiliki oleh pelamar beasiswa LPDP.

Tak ada perlakuan istimewa persyaratan administratif yang harus dipenuhi Tasya sama seperti pelamar lainnya. Bagi Tasya persyaratan berkas yang cukup rumit untuk diselesaikan adalah membuat 3 essay yaitu essay sukses terbesar dalam hidupku, Kontribusiku untuk Indonesia dan Rencana studi.

Untuk essay sukses terbesar dalama hidupku, ia menuliskan sukses yang pernah ia raih. Untuk essay kontribusiku untuk Indonesia ia menuliskan hal – hal apa saja yang telah ia lakukan, sedang dilakukan dan akan dilakukan setelah ia menyelesaikan studi di kampus pilihannya nanti. Khusus untuk essay rencana studi ia membaginya menjadi 5 subbab antara lain

  1. Subbab latar belakang dan motivasi

Pada subbab ini tasya menceritakan mengapa ia memilih bidang studi yang ia inginkan serta tantangan yang dihadapi Indonesia. Ia pun mengaitkan kebutuhan Indonesia akan SDM yang berkaitan dengan bidang studi yang akan ia ambil terhadap penyelesaian tantangan yang dihadapi Indonesia.

  1. Universitas dan Program studi

Berisi tentang sekilas universitas dan program studi yang akan ia ambil.

  1. Rencana Program Master

Berisi mata kuliah apa saja yang akan ia ambil selama program master

  1. Rencana Anggaran Biaya

Ia menuliskan anggaran yang ia butuhkan untuk menyelesaikan program master tersebut mulai dari biaya kuliah hingga Tesis dan Wisuda dengan detail.

  1. Rencana Pasca Studi

Pada subbab ini ia menuliskan rencana apa saja yang akan ia lakukan setelah selesai S2.

Format rencana studi ini bukan menjadi format yang baku namun, menurut tasya format rencana studi seperti diatas dapat membantunya ketika seleksi wawancara.

Masuk pada seleksi subtantif ia diwawancara oleh 3 reviewer dimana salah seorang diantaranya adalah psikolog dan 2 diantaranya adalah seseorang yang ahli pada bidangnya.

Pertanyaan yang muncul pada wawancaranya mayoritas adalah pertanyaan tentang rencana studi S2-nya dan bagaimana pengalamannya untuk bisa mendukung ia studi pada bidang yang ia inginkan. Salah seorang Dosen yang kebetulan juga expert dibidang yang akan ditekuni Tasya juga menanyakan tentang pengetahuannya tentang bidang tersebut. Pada seleksi LDG, tidak ada yang salah dan yang benar pada pendapat peserta  diskusi Tasya menyarankan untuk tidak menyangkal atau menyalahkan pendapat orang lain sebisa mungkin dan tidak memotong pendapat.

Selain itu menurutnya yang tak kalah penting adalah terlihat mendengarkan dan menyimak pendapat orang lain. Seleksi subtantif yang terakhir yaitu Essay on the spot ia hanya diberikan waktu 30 menit untuk menyelesaikan essay berdasarkan topik yang telah diberikan secara langsung.  Itulah hal- hal yang menjadi strategi Tasya untuk menembus beasiswa LPDP dan terbukti berhasil mengantarkannya ke University of Colombia.

Referensi :

https://www.youtube.com/watch?v=IODx1WpjUMk

https://www.youtube.com/watch?v=OGS8xhb1ye0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here