Home Short Course Mau Short Course Ke Belanda Gratis? Ikuti Cara Pemuda Indonesia ini

Mau Short Course Ke Belanda Gratis? Ikuti Cara Pemuda Indonesia ini

290

Ingin meningkatkan skill tanpa harus lanjut kuliah ke luar negeri? Kamu bisa ikut short course gratis di Belanda lho. Salah satu beasiswa short course yang membiayai short course sekaligun biaya hidup dan tiket pesawat adalah beaiswa StuNed. Beasiswa ini adalah beasiswa yang berasal dari pemerintah Belanda yang bertujuan untuk membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Ada berbagai macam jenis short course yang dibu setiap periodenya. Waktu yang ditempuh dalam kegiatan shortcourse ini 2 hingga 12 minggu tergantung jenis short course yang dipilih. Syarat utama penerima beasiswa short course ini adalah untuk mereka yang telah memiliki pengalaman kerja. Sehingga dengan beasiswa ini bisa menunjang skill dan kemampuan penerimanya. Berikut adalah penerima beasiswa short course dari StuNed dari Indonesia yang bisa menjadi inspirasi kamu

bu-eRSaat mendaftar beasiswa short course Erlia Narulita adalah mahasiswa magister bioteknologi, ITB.  Karena sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya ia pun langsung menyiapkan persyaratan lainnya seperti paspor, surat keterangan atasan, motivation letter, riwayat pengalaman kerja, rencana setelah mengikuti program short course, manfaat program yang diikuti di tempat kerja, dan manfaat program yang diikuti untuk negara selanjutnya ia melakukan registrasi online di website scholarship Online. Program short course yang ia ambil waktu itu adalah short course tentang pendidikan selama 2 minggu karena sebelumnya ia bekerja dibidang pendidikan. 6 minggu setelah mendaftar ia pun mendapatkan informasi bahwa ia diterima short course Competence Based Learning yang diselenggarakan oleh MDF Training & Concultancy di Ede-Wageningen, Belanda. Rincian beasiswa yang ia dapatkan terdiri dari biaya pembuatan visa, tiket PP Amsterdam-Indonesia, transportasi dan akomodasi selama di belanda, makan, biaya kursus, dan biaya tambahan untuk hidup sehari-hari.

Belum puas dengan short course ini ia pun kembali mendaftar short course di bidang kurikulum 2 tahun berikutnya. Dari pengalaman short course sebelumnya ia pun kembali berhasil mendapatkan beasiswa untuk short course Curiculum and Assessment for Educational Innovation yang diadakan oleh  CITO International yang dilaksanakan di dua kota,  Enschede dan Arnhem, Belanda.

galuhBerbeda halnya dengan Galuh Wulandari, seorang jurnalis Indonesia yang aktif mencari beasiswa luar negeri ditengah –tengah kesibukannya bekerja. Tak hanya dengan mengikuti milis beasiswa bahkan bookmark komputer galuh dipenuhi dengan informasi beasiswa luar negeri. Sampai – sampai ia membuat daftar terperinci  mulai dari universitas, penyedia beasiswa, login, persyaratan, link situ dan lain-lain di Ms. Excell untuk memantau perkembangan aplikasi beasiswa. Sekitar 30 informasi beasiswa lebih ia kumpulkan dan akan ia apply. Sambil menunggu jawaban dari beasiswa-beasiswa yang ia apply, ditengah kebosanannya dalam rutinitas pekerjaan ia pun iseng mendaftar beasiswa StuNed, Belanda. Untuk menunjang passion –nya dalam bidang jurnalistik ia pun mendaftar short course di 2 program yang sesuai dengannya yakni Online Journalism di RNTC (6 minggu) dan International Corporate Communication di CHE (3 bulan). Ia pun diterima di 2 program tersebut tetapi karena RNTC terletak di Hilversum kurang lebih 30 menit dari Amsterdam ia pun mengambil short course di RNTC.

Bagi kamu yang sudah bekerja tetapi ingin punya pengalaman lebih tak harus S2. Beasiswa short course gratis ini bisa kamu coba. Tak hanya skill meningkat tapi kamu juga akan merasakan pengalaman ke luar negeri tanpa harus keluar biaya. Asyik bukan? Selamat mencoba. (Pu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here