Home Kuliah di Inggris Kuliah di Inggris? Baca dulu artikel ini…

Kuliah di Inggris? Baca dulu artikel ini…

175

Bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah di Inggris mungkin artikel ini bisa menjadi referensi sekaligus  dijadikan bahan pertimbangan kenapa harus memilih Inggris sebagai negara tujuan untuk melanjutkan studi.

Siapa yang tidak mengenal Oxford dan Cambridge university. Kedua universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik di dunia dan yang lebih penting adalah universitas tersebut berada di Inggris. Inggris juga memiliki universitas yang rata-rata menempati ranking 200-300 besar dunia. Memang ranking tidak selamanya menjadi patokan untuk memilih sebuah universitas, tetapi ada beberapa lembaga pemberi beasiswa yang mensyaratkan untuk memilih universitas yang memiliki ranking besar dunia.

Jika ingin berkuliah di luar negeri skor TOEFL atau IELTS sangat di butuhkan tak terkecuali di Inggris, hanya saja skor TOEFL sudah tidak berlaku lagi. Sejak pertengahan 2014, pemerintah Inggris tidak lagi menerima skor TOEFL sebagai syarat masuk perguruan tinggi yang ada di Inggris maupun saat pembuatan visa, melainkan IETS. Skor IELTSnya juga sudah ditentukan oleh pemerintah dan universitas terkait, misalnya untuk pembuatan visa biasanya skor yang harus dimiliki adalah 6-6.5 Adapun untuk ke universitas biasanya setiap universitas memiliki kebijakan yang berbeda terkait hal tersebut.

Mungkin bagi kalian yang sudah ada niatan untuk melanjutkan kuliah di Inggris sudah mencari  berbagai informasi terkait dengan Inggris, universitas maupun tentang jurusan yang akan kalian tuju. Tapi pernakah kalian mendengar tentang istilah Red Brick universities, Ancient universities, Plat Glass universities. Bagi yang belum tahu atau bahkan belum pernah mendengarnya di sinilah waktunya kalian untuk mengetahuinya. Istilah  Red Brick Universities merupakan sebutan untuk universitas-universitas yang didirikan setelah tahun 1900 di kota-kota industri di Inggris, antara lain University of Birmingham, Leeds, Manchester, dan lain-lain. Jika sebelumnya telah dijelaskan mengenai universitas-universitas yang didirikan setelah tahun 1900, maka sekarang kalian harus mengetahui istilah untuk universitas-universitas yang didirikan sebelum tahun 1900. Ancient universities merupakan sebutan atau istilah untuk universitas yang didirikan sebelum tahun 1900, yang mencakup Oxford University, Cambridge, Edinburgh, dan lain-lain. Sedangkan universitas lainnya  yang didirikan setelah tahun 1960 atau biasa disebut Plat Glass universities, termasuk kedalam Plat Glass universities ini diantaranya university of Warwick, Bath, Brunel, dan tempat saya belajar sekarang, University of York.

Jika kalian mengenal the Big Eight di Australia, Inggris pun memiliki banyak grup yang saling berbagi dalam pengelolaan dan menjaga kualitas. Grup yang paling terkenal adalah Russel Group, yang berisi universitas-universitas to se – UK. Selain Russel Group masih banyak grop-group lainnya. So kuliah di Inggris menarik bukan?

Setelah sebelumnya saya telah menjelaskan serba-serbi universitas yang berada di Inggris sekarang waktunya untuk saya membagi pengalaman terkait masalah living cost di Inggris. Untuk dapat mengetahui gambaran biaya hidup saat kuliah di Inggris mungkin bisa dicari lewat internet, tapi disini saya akan menceritakan berdasarkan pengalaman saja. Biaya hidup kuliah di Inggris terkadang dapat diwakili dengan biaya sewa rumah, semakin tinggi harga sewa maka semakin tinggi pula biaya hidupnya. Terlebih lagi biaya sewa merupakan biaya yang sudah tidak bisa diganggu-gugat lagi jumlahnya. Setiap bulan jumlah yang harus dikeluarkan adalah sama tiap bulannya. Tetapi kalo biaya makan sih masih bisa dihemat-hemat yah, apalagi mahasiswa dan mahasiswanya berasal dari Indonesia untuk urusan makanan mah paling bisa berdamai lah.

Beberapa kota yang saya tahu memiliki biaya hidup yang cukup tinggi adalah London. London tentu saja tinggi karena memang kota besar dan ibu kota negara seperti Jakarta kaau di Indonesia. Kota lainnya seperti Edinburgh, Aberdeen, dan York, juga merupakan kota-kota yang memiliki biaya hidup yang mahal pula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here