Home Uncategorized 5 Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Untuk Hidup Di Korea Selatan

5 Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Untuk Hidup Di Korea Selatan

145

Korea Selatan adalah Negara yang paling di buru masyarakat dunia saat ini. Tak hanya terkenal dalam bidang teknologi, budaya dan tempat wisata korea selatan juga sangat baik dalam mengelola industri hiburan dan perekonomiannya. Tak jarang Negara ini banyak diburu wisatawan, mahasiswa hingga pekerja. Namun demikian, sebelum memutuskan untuk hidup di sana kamu harus mempertimbangkan 5 Hal berikut dengan matang

  1. Harga Kebutuhan Mahal

asrama 2Memang mahal atau tidaknya suatu harga adalah relatif. Selain tingkat ekonomi seseorang faktor perekonomian suatu Negara pun juga berpengaruh. Bagi orang Indonesia, tinggal di Negara maju seperti halnya di Korea Selatan cukup menguras kantong bagi sebagian orang. Pasalnya harga-harga kebutuhan disana sangat mahal jika dibandingkan tinggal di Indonesia. Untuk tinggal di asrama mahasiswa saja harganya minimal ₩500.000 hingga ₩800.000 per 4 bulan tidak termasuk makan.

ttokboekiBiaya makan pun lumayan besar disana. Harga cemilan pinggir jalan seperti  tteokbokki saja harganya ₩3000 per porsi atau setara dengan Rp 30.000-an.

Belum lagi biaya obat-obatan, biaya transportasi, biaya pulsa dan lain sebagainya. Kamu bisa bayangin sendiri deh, harga cemilan di pinggir jalan aja Rp 30.000-an apalagi makanan berat seperti nasi dan lauknya.

Meskipun hal tersebut terbilang mahal bagi masyarakat Indonesia, hal tersebut lumrah di Korea. Jadi jika kamu berencana untuk tinggal di Korea selatan sebagai mahasiswa kamu bisa mensiasati diri dengan ikut beasiswa yang menanggung biaya hidup atau bekerja part time. Upah pekerja part time di Korea sangat lumayan yaitu ₩6000 atau sekitar Rp 60.000-an per jam. Setara lah sama harga-harga yang mahal disana.

 

  1. Makanan

makananBisa dibilang Korea selatan adalah surganya makanan. Berbagai jenis olahan daging, ikan, sayur, buah banyak jenisnya. Bagi kamu pecinta makan, Korea selatan bisa menjadi destinasi kamu untuk wisata kuliner. Namun, jika kamu muslim harus ekstra hati-hati membeli makanan di sana. Tak hanya makanan restaurant, makanan Instan pun banyak yang mengandung babi dan alcohol. Yang paling aman adalah memasak sendiri atau datang ke kedai yang menjual makanan halal.

 

  1. Sistem Transportasi

tmoney11Layaknya Negara maju lainnya, sistem transportasi di Korea terbilang sangat maju dan on time. Tak perlu membeli mobil atau motor, sarana transportasi umum di sana sangat memadai. Mulai dari bus kota, subway train, hingga taksi semuanya ada. Yang perlu diperhatikan, untuk naik bus kota dan subway trai kita harus mempunyai T money, semacam kartu tranportasi yang harus diisi ulang. bus kotaUntuk biaya Bus sekali jalan ₩1350 (Kalau oper bisa gratis). taksiUntuk biaya taksi argo minimal sekitar ₩3000. keretaSedangkan untuk kereta tergantung jarak, tapi biasanya harga minimalnya ₩1250 – ₩1350

 

  1. Bahasa

bahasaKorea sangat menjunjung tinggi bahasa mereka jadi jangan heran jika tulisan penunjuk arah, label makanan, hingga nama toko semuanya menggunakan huruf haneul. Meskipun demikian, sekarang banyak universitas di Korea yang membuka program internasional dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Jadi Untuk urusan studi tidak masalah. Tak hanya itu beberapa beasiswa dan atau kampus umumnya memberikan kursus bahasa Korea gratis bagi orang asing. Jadi kamu bisa memanfaatkan ini agar bisa berkomunikasi dengan lingkungan sekitarmu. Paling tidak kamu bisa membaca penunjuk jalan atau kandungan makanan yang hendak kamu beli.

 

  1. Tempat Berlibur

istanaSelain surganya makanan, pengelolaan pariwisata di Korea sangat luar biasa. Selain pulau Jeju yang sangat terkenal ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi bahkan ada juga wisata gratis disana. Seperti halnya taman bunga LED di tepi sungai han, Gwanghwamun, Gyeongbukgoong, Cheonggyecheon, Sejong Iyagi, Banpo Bridge dan masih banyak lagi wisata alam dan wisata sejarah di sana. Selain itu ada tempat untuk wisata selfi yang menarik disana letaknya di sekitar Deoksugung.

Wah, Seru ya ternyata tinggal di Korea meskipun terbilang cukup mahal tapi sepadan dengan apa yang didapatkan. Kalau kamu selalu mengkonversi harga – harga disana dengan Rupiah bisa jadi kamu tak membeli apapun. Jadi kalau tinggal disana lebih baik mencari sumber dana dari won bukan rupiah baik itu beasiswa atau bekerja di sana. Karena nilai mata uang rupiah jika dibawa kesana akan terasa menyiksa karena nilai rupiah kita masih lemah. Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran yang jelas bagi kamu yang akan tinggal di korea ya. (Pu)

Referensi :

http://funtastikorea.blogspot.co.id/

http://www.chockysihombing.com

https://sabtuminggukorea.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here